===Selamat Datang Di Website Resmi Pemerintah Desa Wirakanan. Menuju Desa Wirakanan Juara Dan Bermartabat===

Artikel

Wakili se-Kecamatan Kandanghaur, Wirakanan Siap Ikuti Lomba Desa

25 April 2024 11:59:43  Administrator  48 Kali Dibaca  Berita Lokal

Kominfo Desa Wirakanan, Indramayu– Pemerintah Desa (Pemdes) Wirakanan Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat, mengikuti lomba Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten Indramayu tahun 2024, dilaksanakan di Aula Balai Desa Wirakanan pada Rabu (24/4/2024) dimulai sekira 13.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB.

Penilaian administrasi lomba Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten Indramayu tahun 2024 ini mengusung tema, Wujudkan masyarakat sejahtera melalui belanja Desa dan Kelurahan yang berkualitas. Lomba akan dinilai oleh tim 1.

Kegiatan dihadiri Kuwu Wirakananan beserta Pamong Desa Wirakanan, Ketua BPD Wirakanan beserta Anggotanya, perwakilan RT dan RW, Ketua PKK Desa, Bidan Desa, Bhabinkamtibmas, Ketua LPM, Ketua BUMDes, serta tamu undangan Kapolsek Kandanghaur, Camat Kandanghaur, Sekcam Kandanghaur, Kepala KUA Kecamatan Kandanghaur, Kepala UPTD se-Kecamatan Kandanghaur, Kuwu se-Kecamatan Kandanghaur, Ketua TPPKK Kecamatan Kandanghaur dan Satpol PP Kandanghaur.

Dalam lomba Desa dan Kelurahan tersebut nantinya akan dinilai oleh 3 tim penilai yang sudah terjadwal untuk menilai dimasing-masing peserta lomba.

Tim 1 penilai dari pihak Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Indramayu, Pelaksana Bid Pemdes DPMD Kabupaten Indramayu, Pelaksana DPMD Bidang KPMD Kabupaten Indramayu, unsur Diskopindagin Kabupaten Indramayu, unsur Disduk P3A Kabupaten Indramayu, TP PKK Kabupaten Indramayu, TAPM kabupaten Indramayu.

Tim II penilai dari Sekretaris DPMD Kabupaten Indramayu, Fungsional Analisis Kebijakan pada DPMD Kabupaten Indramayu, Pelaksana Bid PEMDES DPMD Kabupaten Indramayu, unsur BPBD Kabupaten Indramayu, unsur Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, TP PKK Kabupaten Indramayu, TAPM Kabupaten Indramayu.

Tim III penilai dari Kepala Bidang Penataan dan Kerjasama Desa DPMD Kabupaten Indramayu, Kepala Bidang Kelembagaan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten

Indramayu, Pelaksana Bidang Pemdes DPMD Kabupaten Indramayu, unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu, unsur Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Indramayu, TP PKK Kabupaten Indramayu, TAPM Kabupaten Indramayu.

Setibanya tim 1 penilai, mereka disambut Camat Kandanghaur yang kemudian Kuwu Desa Wirakanan mengalungkan selendang batik kepada Kabid Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Indramayu.

Tim 1 penilai beserta tamu undangan yang sudah duduk untuk siap mengikuti pelaksanaan acara yang di pandu oleh Dasuki kemudian menyaksikan terlebih dahulu tari topeng yang diperagakan oleh Rahma Najiha (8) Puteri dari pasangan suami isteri Omang Fathurohman dan Neneng Nurhasanah.

Selesainya itu, acara dibuka dengan berdoa bersama dan dilanjutkan dengan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Pada sambutan pertama, Camat Kandanghaur Hatta Direja, S. STP mengucapkan selamat datang kepada tim penilai lomba desa tingkat Kabupaten Indramayu.

"Selamat datang di Desa Wirakanan," ucapnya.

Di Kecamatan Kandanghaur, kata Hatta Direja, S. STP, ada 13 Desa dan dari 13 Desa itu Desa Wirakanan yang ikut lomba desa tingkat kabupaten.

Menurutnya, lomba desa itu dilaksanakan untuk menilai kinerja Pemerintah Desa dalam melaksanakan tugas, pokok dan fungsinya, bukti kewilayahan, pemerintahan dan kemasyarakatan, serta mengetahui capaian desa selama satu tahun dalam mewujudkan peningkatan kualitas untuk kesejahteraan masyarakat.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat buat kami yang ada di wilayah, baik itu Kecamatan, Desa dan juga masyarakat Wirakanan," kata Hatta Direja, S. STP.

Sambutan berikutnya, Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Indramayu, Ahmad Sulaiman, SE,.MM.

Selesainya Ia membacakan sambutan Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, Ia menyampaikan tujuan lomba desa tingkat Kabupaten Indramayu.

"Kami datang kesini untuk mengevaluasi," kata Ahmad Sulaiman, SE,.MM.

Jadi, lanjut Ahmad Sulaiman, SE,.MM, kalau ada Desa yang ikut-ikut lomba itu sudah membuktikan bahwa seorang leadership, seorang Kuwu, Dia ingin membuktikan transfaransinya. Kalau Desa ikut lomba-lomba, evaluasi berdasarkan hasil pendapat, baik dari bidang pemerintahan, bidang kemasyarakatan dan bidang kewilayahannya. Nanti akan Kami evaluasi.

"Disisi lain juga nanti akan ketahuan, Desa baik atau buruknya di waktu sekarang dengan tahun kemarinnya. Ini desa maju, Saya ingin Desa Wirakanan ini dijadikan desa mandiri. Kalau desa mandiri ini nanti ada penambahan anggaran DD (Dana Desa, red)," kata Ahmad Sulaiman, SE,.MM.

Selesainya itu, Kuwu Wirakanan H. Nurkat Hadikusomo dengan dibantu bahan presentasi yang ditayangkan di layar infokus.

Ia mempresentasikan profil Desa Wirakanan, biografi diri dan keluarganya, sejarah Desa, gambaran umum Desa, struktur Pemerintahan Desa, visi dan misi, potensi Desa, lomba desa, inovasi yang di miliii desa, lembaga desa dan kegiatan yang dilaksanakan.

"Saya menjabat Kuwu sudah 2 tahun 8 bulan dan tentunya Kami senantiasa berupaya terus untuk meningkatkan, baik pelayanan terhadap masyarakat atau pun tentang pembangunan-pembangunan desa di Wirakanan. Alhamdulillah, sejauh ini target-target kami terpenuhi, paling tidak Kami dalam 1 tahun itu bisa membangun jalan desa. Di tahun 2022 itu sudah dibangun 1.000 Meter jalan desa. Di tahun 2023 yang lalu, membangun 1.230 Meter jalan desa. jembatannya banyak, pintu airnya banyak, membangun gubuk meeting tempat penyuluhan pertanian dan juga Rubuha (Rumah burung hantu)," kata H. Nurkat Hadikusomo.

Selesainya itu, acara ditutup dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan foto bersama. Berikutnya, dilaksanakan penilaian dari tim. Selesai dilakukan penilaian, tim berpamitan bersalaman. (Fz)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:187
    Kemarin:342
    Total Pengunjung:67.549
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.215.16.238
    Browser:Tidak ditemukan